Browser Google Chrome

Posted by nuqman technology Friday, May 1, 2009


Google telah menggemparkan dunia web dengan mengeluarkan browser sumber terbukanya bernama Chrome. Di dalam artikel ini kita cuba meninjau berbagai perkembangan berkenaan Chrome dengan membelek sudut kelebihan, kekurangan, keselamatan, reaksi pengembang browser lain hingga prospek yang ingin dibentuk Google melalui Chrome. Walaupun ianya masih di dalam peringkat beta namun nampaknya Google Chrome telah berupaya menawan para peluncur web dan tidak mustahil ia mampu menggugat browser-browser lain.Kelebihan dan Kekurangan
Sekalipun masih dalam tahap beta dan belum mempunyai ciri-ciri lengkap, Chrome telah memperkenalkan beberapa konsep baru seperti Omnibar, sandboxing dan tab yang bekerja dalam proses terpisah. Berikut ialah beberapa kelebihan Chrome:
Google Chrome adalah sebuah projek browser sumber terbuka — seperti yang sebelum ini didesas-desuskan sebagai "Google Browser," Chrome berasaskan rendering engine Webkit buatan Apple dan menggunakan beberapa komponen dari Mozilla. Chrome juga akan mengemas Gears (plugins).
Chrome akan mengunakan JavaScript Virtual Machine V8. Dibuat pada awalnya oleh sebuah kumpulan di Denmark, Google juga menjadikan projek ini dengan perlesenan sumber terbuka agar dapat dipakai browser lain. Salah satu tujuan V8 adalah untuk mempercepat kinerja JavaScript yang semakin penting.
Google Chrome memiliki tab-tab khusus yang ditempatkan di bagian atas jendela browser dan bukan di bawah address bar seperti biasanya. Google juga mengatakan bahwa semua kegiatan dalam tab dilakukan dalam lingkungan sandbox sehinggakan jika berlaku sebarang "crash" di satu tab tidak akan mempengaruhi tab lain.
Google Chrome browser memperkenalkan teknologi baru yang diberi nama Omnibox. Omnibox adalah address bar (kolum alamat web) dibagian atas yang biasanya kita pakai untuk mengetikkan alamat web yang akan kita datangi. Di Firefox, address bar memiliki 1 fungsi saja yaitu untuk input alamat yang akan dituju, enter dan masuklah kita ke lamanweb yang diketik.
Namun Omnibox di Google Chrome memiliki 2 fungsi. Yang satu lagi adalah sebagai search bar (kolom untuk melakukan pencarian langsung menggunakan search engine). Jadi Omnibox menyatukan 2 bar yang kalau di Firefox terpisah. Idea ini memang genius!
Anda ingin menyemak email, tidak perlu ketik alamat web (URL) lagi yang kadang-kadang banyak pengguna biasa terlupa dan tidak menghafal. Klik sahaja butang kecil yang ada di browser anda bertuliskan "Email", lalu browser akan langsung mengarahkan pengguna ke layanan email tertentu. Mahu baca berita, ada butang News, mahu upload foto ada butang khusus untuknya, mahu tulis blog hanya menekan 1 butang, mahu buat dokumen teks atau spreadsheet atau langsung sambung ke Internet, buka browser dan sudah tersedia semuanya tinggal di klik.
Halaman pertama Chrome menampilkan ciri yang mirip seperti ciri "speed dial" Opera. Di halaman tersebut Anda akan melihat 9 lamanweb yang paling sering anda kunjungi dalam thumbnail. Di bahagian tpi anda juga akan melihat beberapa pencarian terakhir, bookmark dan beberapa tab sebelumnya.
Chrome memiliki mode privasi; Google mengatakan anda dapat menciptakan sebuah tetingkap''''incognito'''' (identiti rahsia) di mana ''''tidak ada kejadian dalam jendela tersebut yang tercatat di komputer anda" — mirip dengan ciri InPrivate IE8 atau "Private Browsing" Safari.
Aplikasi web dapat diluncurkan dalam jendela terpisah yang tidak memiliki toolbar/address bar, sama seperti di Mozilla Prism.
Untuk melindungi pengguna dari malware dan phishing, Chrome secara konsisten mengemaskini daftar site-site yang merbahaya. Kerana bekerja dalam lingkungan sandbox, malware tidak akan mempengaruhi komputer Anda, kecuali melalui plugin yang dipasang pengguna sendiri.
Kecepatan adalah salah satu hal utama yang disorot Google pada masa ia menampilkan Chrome. Secara garis besar, Chrome memang terbukti memiliki kinerja JavaScript tinggi, tetapi keunggulannya tidak se-ekstrim yang ditunjukkan benchmark Google, SquirrelFish Safari dan TraceMonkey Firefox masih dapat bersaing.
Artikel ini terdapat di laman sesawang (http://www.zulkiplyharun.com/ )

0 Responses to Browser Google Chrome

Post a Comment

Search